Rabu, 27 Februari 2013

alat pengukur kecepatan

Thickness Meter

Apa itu thickness meter?

Thickness meter merupakan suatu instrumen yang berfungsi untuk mengetahui jumlah ketebalan suatu unit serta laju keausan sebuah peralatan, sehingga dengan mengetahui jumlahnya, akan dapat direncanakan penggantinya dalam kurun waktu tertentu. Peralatan thickness meter digunakan sebagai sarana pendeteksian dini sebuah kerusakan suatu unit benda. Dengan diketahuinya secara dini waktu kerusakan, maka akan lebih mudah dalam proses penyiapan gantinya, sehingga tidak akan menggangu proses kerja atau juga mengancam keselamatan dari karyawan atau pekerja yang berhubungan langsung dengan objek bersangkutan.
Peralatan thickness meter banyak digunakan untuk kepentingan berbagai perusahaan industri, disamping untuk menjaga nilai produksi agar tidak terganggu dengan kerusakan alat, thickness meter juga membantu perusahaan untuk menjaga keselamatan para karyawan.
Berbagai material seperti cat juga memiliki peralatan khusus untuk mengukur jumlah ketebalan dari cat tersebut, coating thickness gauge merupakan peralatan yang digunakan untuk mengukur ketebalan cat dan sejenisnya. Peralatan thickness meter juga dipergunakan untuk mengetahui kualitas jual sebuah produksi.Untuk menjamin mutu produk yang ingin dipasarkan, biasanya digunakan lah perangkat thickness meter. Produk industri seperti cat merupakan produk yang menggunakan peralatan thickness meter tersebut.
Peralatan thickness meter juga banyak digunakan untuk aplikasi proyek bangunan, seperti misalnya untuk mengukur beberapa ketebalan peralatan seperti, ketebalan pipa, ketebalan alumunium, ketebalan besi dan lain sebagainya. Aneka model dan bentuk dari peralatan thickness meter tersebut di pasaran juga cukup beragam, mulai dari yang model portable dan non portable, model untuk bahan-bahan metal maupun non metal. Aneka produk peralatan thickness meter tersebut umumnya berasal dari luar negeri. Italia termasuk penyedia peralatan ukuran ketebalan tersebut yang produknya beredar di dalam negeri.
Untuk hasil dan kualitas mutu terbaik dari produk-produk material perusahaan Anda, gunakan produk thickness meter dengan kualitas terbaik. Pastikan Anda mengetahui bagaimana kualitas mutu dari produk industri perusahaan Anda sebelum sampai ke konsumen. Untuk mengetahui usia keawetan sebuah alat, peralatan thickness meter juga bisa menjadi pilihan.

Moisture Meter

Apa itu moisture meter?

Moisture meter merupakan suatu instrumen atau peralatan yang dipakai untuk mengukur jumlah kandungan air yang tedapat pada suatu zat. Alat tersebut juga bisa digunakan untuk mengukur tingkat kelembaban suatu zat. Dari hasil pengukuran yang dilakukan, diharapkan akan dapat diketahui apakah suatu bahan sudah siap untuk dipergunakan atau belum. Kadar air sangat berpengaruh pada sifat fisik suatu benda. Sifat fisik yang berubah pada beberapa material untuk kepentingan tertentu, tentunya akan berpengaruh pada maksimalitas efektifitas fungsi sebuah benda yang ingin digunakan.
Beberapa material seperti kayu dan juga kertas sangat sensitiv terhadap kandungan kadar air. Sifat fisik dari kertas maupun kayu bisa berubah apabila kandungan air yang terdapat pada material tersebut berlebihan. Untuk memaksimalkan fungsi dari zat-zat terkait, maka digunakan lah moisture meter sebagai alat ukur untuk menentukan kandungan kadar air.
Moisture meter Juga banyak digunakan di bidang pertanian untuk mengukur kandungan air dari biji-bijian seperti gandum, gabah, sorgum, jagung, tembakau, jerami dan lain sebagainya. Pengukuran kadar air dalam produk pertanian tentu saja akan sangat dibutuhkan untuk menjaga kualitas produk di pasaran.
Bagaimana prinsip kerja dari moisture meter tersebut? Secara umum ada beberapa cara dan prinsip kerja yang bisa dilakukan untuk menentukan kandungan air dari suatu zat, beberapa diantaranya adalah sebagai berikut:
  1. Termogravimetri
Cara ini dilakukan dengan dua teknik utama yakni pemanasan dan penimbangan. Selisih berat sebelum pemanasan dan setelah pemanasan merupakan nilai dari kandungan air yang ditentukan tersebut.
  1. Konduktometri
Prinsip atau cara inilah yang dilakukan oleh alat moisture meter tersebut, yakni salah satu teknik pengukuran kadar air dengan teknik elektrik, dimana pengukura didasarkan pada konduktivitas atau hantaran listrik. Kadar air akan berbanding linear terhadap kapasitas listrik yang diukur. Hantaran listrik tersebut akan ditangkap oleh alat yang dinamakan detektor.
Terdapat cukup banyak jenis moisture meter di pasaran dengan berbagai merek yang memiliki kualitas beragam.

Anemometer

Mengenal Anemometer dan Fungsinya
Apa itu anemometer? Anemometer merupakan alat yang berguna untuk mengukur  arah serta kecepatan angin. Satuan meteorologi yang digunakan untuk mengukur kecepatan angin adalah Knots (Skala Beaufort), sementara untuk arah angin digunakan 0o – 360o. Alat ukur anemometer tersebut di dalam penggunaannya harus lah ditempatkan pada posisi terbuka agar mampu berinteraksi dengan angin yang akan diukur tersebut.
Bagaimana cara kerja dari anemometer tersebut? Pada saat tertiup oleh angin maka baling-baling atau mangkok yang terdapat pada anemometer tersebut  akan bergerak sesuai  dengan arah angin. Makin besar kecepatan angin meniup mangkok-mangkok tersebut, makan akan makin cepat pula kecepatan berputar dari piringan mangkok-mangkok tersebut. Dari jumlah putaran dalam per detik maka akan dapat diketahui jumlah dari kecepatan anginnya. Di dalam peralatan anemometer, terdapat bagian alat pencacah yang akan berfungsi menghitung jumlah  kecepatan angin. Hasil yang diperoleh oleh alat pencacah akan dicatat, selanjutnya akan dicocokkan dengan Skala Beaufort c.
Anemometer terdiri atas beberapa jenis, diantaranya adalah anemometer dengan tiga atau empat mangkuk dan anemometer termal. Untuk anemomemeter tiga atau empat mangkuk tersebut, jumlah sensornya terdiri dari tiga atau pun empat mangkok yang dipasang pada posisi jari-jari yang berpusat pada sebuah sumbu vertikal atau pun semua mangkok yang ada terpasang pada poros vertikal. Sementara untuk anemometer termal, sensor  digunakan untuk mengukur jumlah kecepatan dari fluida (angin) sesaat. Adapun Cara kerja dari sensor  tersebut berdasarkan atas jumlah panas yang hilang dengan cara konvektif dari sensor ke arah lingkungan sekeliling dari sensor.
Peralatan anemometer tetap memerlukan proses kalibrasi, bahkan kalibrasi dilakukan secara periodik untuk menjaga nilai akurasi atau ketepatan nilai pada proses pengukuran. Anemometer dibutuhkan untuk bidang meteorologi, pengamatan terhadap iklim-iklim, cuaca dan sebagainya. Peralatan yang satu ini dari sistem pembacaannya termasuk ke dalam peralatan non recording, yakni alat yang digunakan karena pembacaannya hanya dibutuhkan pada saat-saat tertentu untuk mengetahui berbagai kondisi dan perubahan cuaca.

Multimeter Digital

Multimeter Digital dan Fungsinya
Apa itu multimeter digital? Multimeter merupakan alat ukur yang memiliki berbagai fungsi atau ganda, yakni digunakan untuk mengukur beberapa fungsi kelistrikan seperti tegangan dalam satuan volt, arus listrik dalam satuan ampere, tahanan dalam satuan ohm dan lain sebagainya. Secara umum, multimeter terdiri dari dua jenis yaitu multimeter analog dan juga multimeter digital. Multimeter analog menggunakan jarum penunjuk untuk menentukan nilai yang diukur. Multimeter ini sering disebut dengan multimeter tradisional. Bagi mereka yang masih awam dan tak pernah menggunakan multimeter, memakai jenis multimeter analog akan sangat menyulitkan dalam hal pembacaan nilai yang tertera di layar.
Bagaimana dengan mulitemeter digital? Multimeter digital  merupakan jenis multimeter modern yang sistem kerja alatnya memberikan output berbentuk angka-angka. Angka-angka tersebut  biasanya tertera pada display kristal liquid atau liquid crystal display (LCD), sehingga nilai dari alat yang diukur akan langsung dapat kita ketahui dengan mudah. Apa saja keuntungan multimeter digital dibanding dengan multimeter analog? Berikut ini diantaranya:
  1. Nilai akurasi yang ditunjukkan oleh multimeter digital jauh lebih tinggi dibanding dengan nilai yang ditunjukkan oleh multimeter analog.
  1. Pada peralatan multimeter digital untuk mengukur nilai tegangan  biasanya akan lebih baik dikarena resinstansinya lebih tinggi  1 M hingga 10 M berbanding 200 pada multimeter analogue pada nilai range yang sama. Akan tetapi disisi lain, akan lebih mudah megikuti multimeter analogue untuk jenis tegangan yang berubah-ubah   (fluktuasi)lambat, yakni dengan melihat nilai jarum pada display yang ada.
  1. Lebih praktis dan mudah dibawa ke berbagai tempat.
Meskipun multimeter digital memiliki banyak keunggulan, namun penggunaan multimeter analog tetap dipertahankan orang. Karena dalam beberapa kondisi tertentu, multimeter jenis ini lebih bisa dimanfaatkan dibanding jenis multimeter digital. Multimeter digital lebih mudah digunakan untuk mendeteksi ada tidaknya arus listrik dibanding dengan jenis multimeter digital. Semuanya memiliki berbagai fungsi dan keunggulan yang spesifik, bergantung pada kebutuhan untuk tiap-tiap penggunaan di lapangan.

Lux Meter

Mengenal Alat Lux Meter dan Fungsinya
Tahukah Anda apa lux meter tersebut? Lux meter merupakan instrumen perangkat yang digunakan untuk mengukur tingkat pencahayaan suatu ruangan. Suatu ruangan dengan fungsi yang berbeda akan membutuhkan intensitas pencahayaan yang berbeda. Misalnya sebuah ruangan yang digunakan untuk tidur, akan berbeda tingkat pencahayaannya dengan ruangan yang digunakan untuk bekerja. Ruang keluarga, ruang kantor, ruang belajar dan sebagainya idealnya diatur sedemikian rupa pencahayaannya. Tujuan dari pengaturan tingkat pencahayaan tersebut adalah untuk penghematan energi serta nilai estetika dan efektifitas suatu kegiatan. Suatu kegiatan dengan tingkat pencahayaan yang sesuai tentunya akan lebih efektif dilaksanakan dibanding dengan yang kurang atau pun kelebihan.
Mungkin Anda termasuk yang membutuhkan peralatan lux meter untuk menjaga kenyamanan intensitas cahaya di rumah Anda. Ingin tahu berapa standar rata-rata pencahayaan didasarkan pada fungsinya? Badan Standarisasi Nasional telah menyajikan nilai standar tingkat pencahayaan rata-rata. Hal ini telah dituangkan dalam Standar Nasional Indonesia (SNI), yakni SNI NO 03-6197-2000 mengenai konservasi energi pada sistem pencahayaan. Daftar SNI tersebut menyatakan tingkat pencahayaan yang disarankan untuk masing-masing ruangan dengan fungsi yang beragam.
Bagaimana cara menggunakan alat lux meter? Sistem kerja dari peralatan lux meter menggunakan sensor cahaya. Alat tersebut cukup diletakkan di atas meja, atau dipegang setinggi 75cm dari atas permukaan lantai. Maka layar penunjuk dari lux meter tersebut akan menunjukkan angka yang merupakan nilai dari intensitas pencahayaan ruangan bersangkutan. Setelah Anda mendapatkan nilai dari pengukuran, lanjutkan dengan membandingkan angka yang terdapat dalam SNI. Bila angka pencahayaan di ruangan Anda jauh lebih tinggi, segera lakukan upaya penghematan energi dengan mengganti bola lampu yang dayanya lebih rendah.
Anda membutuhkan lux meter untuk upaya penghematan ekonomi secara lingkup kecil yakni keluarga. Di sampingb itu Anda juga membantu program pemerintah dalam menggalakkan program hemat energi nasional. Segera ukur pencahayaan di ruangan Anda dengan lux meter, untuk kenyamanan, kesehatan dan efisiensi energi berbagai kegiatan Anda.

  Brand : SANFIX
Type : LX-1330B
  • Temperature Range : 1lux^ 100 000lux
  • Accuracy : d10 000Lux ± ( 4% rdg+ 10dgt) > 10 000Lux ± ( 5% rdg+ 10dgt) 
  • Repeatability : ± 2% 
  • Temperature Characteristic : ± 0.1%  
  • Sampling Time : 0.4second
  Brand : SANFIX
Type : LX-1330B
  • Power: 9V x 1
  • Ranges: 0-200/ 2, 000/ 20, 000/ 200, 000 Lux
  • Accuracy: ± 3% ± 10 digits ( ± 5% ± 10 digits as over 20, 000Lux) 
  • Repeatability: ± 2% 
  • Temperature Characteristic: ± 0.1% C
  • Photo detector type: Silicon Photo Diode with Filter
  • Operating temperature: 32-104 degrees F ( 0-40 degrees C) 
  • Sampling rate: 2-3 times per second
  • Battery life: 200 hours ( estimate) 
  • Dimensions: 6 ” X 2 3/ 4 ” X 1 1/ 2 “ 
  • Photo Detector Dimensions: 4 ” X 2 1/ 2 ” X 1 “
  Brand : LUTRON
Type : LX-101A
  • Sensor used the the exclusive photo diode & color correction filter, spectrum meet C.I.E. photopic
  • Sensor cosine correction factor meet standard
  • Separate light sensor allows users take measurements of an optimum position
  • High accuracy in measuring
  • LSI circuit provides high reliability and durability
  • LCD display allows clear read-out even at high ambient light level
  • Compact, light weight and excellent operation
  • Built-in low battery indicator
  • LCD display can clearly read out even of high ambient light
  • Accessories: sensor probe, instruction manual
  Brand : LUTRON
Type : LX-103
  • Lux : 0 to 50, 000 Lux ( 3 ranges) , Ft-candle : 0 to 5, 000 Fc ( 3 ranges) .
  • Sensor meet C.I.E. photopic spectrum.
  • 2 filters, high quality.
  • External offset Adj.
  • Size : 131 x 70 x 25mm.
  Brand : Lutron
Type : LX-105
  • LIGHT METER 4 Light type
  • ISO-9001, CE, IEC1010
  • Selection of lighting type ( Tungsten, Fluorescent, Daylight or Mercury) .
  • Super large LCD display with contrast adjustment for best viewing angle.
  • Sensor used the exclusive photo diode & color correction filter, spectrum meet C.I.E. photonic.
  • Dual function meter’ s display.
  • Heavy duty & compact housing case.
  • Records Maximum, Minimum and Average readings with RECALL.
  • Sensor cosine correction factor meet standard.
  • Microprocessor circuit assures maximum possible accuracy, provides special functions and features.
  • Relative % light measurement.
  • Zero adjustment by push button.
  • Data hold.
  • Wide measurement both of Lux & Foot Candle measurement.
  • Auto shut off saves battery life.
  • RS 232 PC serial interface. 
  Brand : LUTRON
Type : LX-107
  • -P circuit, 2, 000/ 20, 000/ 50, 000 Lux.
  • Max., Min., Memory recall button.
  • Lux, Ft-candle, % values, wide range.
  • 4 light type select by push button.
  • Size : 180 x 72 x 32 mm
  Brand : Lutron 
Type : LX-1102
  • Large LCD display with bar graph display.
  • 40.00/ 400.0/ 4, 000/ 40, 000/ 400, 000 Lux.
  • Lux, Foot-candle unit selection.
  • Sensor meet C.I.E. spectrum, 2 filters.
  • RS232, Hold, Record, Zero adjust.
  Brand : SANWA
Type : LX-2
  • Lightmeter : 0 ~ 400k lux
  • Sampling rate : 2 times/ s ( numeral display)
  • 20 times/ s ( bargraph)
  • Sensor : Si photodiode
  • Cord length : 900mm
  • small stick shape sensor probe ( 9mm diameter)
  • bargraph display
  • data hold
  • auto power off

2 komentar:

  1. Casino Review 2021 - 100% up to $1500 + 250 FS
    We 여캠 노출 사고 review the best Casino Bonuses, Roulette Games, Slots, Blackjack, Blackjack, Roulette, Video Poker, Slots, Live Casino and 먹튀검증 more. We rank and 22bet review 🏆 Best Casino Bonus: LeoVegas🏆 Best Live Dealer Casino: Betway🏆 Top Roulette 생활바카라 Site: Jackpot City🏆 Best Mobile 슬롯 머신 게임 Casino: Betway

    BalasHapus
  2. Casino games online - DRMCD
    › casinos-games › casinos-games Casino games 부산광역 출장샵 online. · No deposit bonus codes · Live casino · No deposit bonus codes · Live casino · 수원 출장마사지 No deposit bonus codes 김포 출장샵 · Live casino · No deposit bonus codes 세종특별자치 출장마사지 · 남원 출장샵 Live casino

    BalasHapus